Minggu, 08 Februari 2009




Baung  Lubuk Koman

(Bahren)

 

Baung (marga Hemibagrus pada mulanya dianggap satu dengan marga Mystus), atau yang sebelumnya dikenal sebagai Macrones. Bertubuh agak mirip dengan lele, ikan-ikan baung memiliki kepala yang memipih agak mendatar, dengan bagian tulang tengkorak yang kasar di atas kepala tak tertutupi oleh kulit, dan sirip lemak yang berukuran sedang berada di belakang sirip punggung (dorsal).

Baung bertubuh licin tanpa sisik di tubuhnya; dan serupa dengan lundu dan patin, baung memiliki tiga duri yang berbisa (patil), yakni pada sepasang sirip dadanya, dan sebuah lagi berada di awal sirip punggungnya. adalah ikan air tawar yang dapat hidup dari perairan di muara sungai sampai ke bagian hulu.

 
Bahkan di Sungai Musi (Sumatera Selatan), baung ditemukan sampai ke muara sungai di daerah pasang surut yang berair sedikit payau. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di tempat-tempat yang letaknya di daerah banjir. Secara umum, baung dinyatakan sebagai ikan yang hidup di perairan umum seperti sungai, rawa, situ, danau, dan waduk.

Baung bersifat noktural. Artinya, aktifitas kegiatan hidupnya (mencari makan, dll) lebih banyak dilakukan pada malam hari. Selain itu, baung juga memiliki sifat suka bersembunyi di dalam liang-liang di tepi sungai tempat habitat hidupnya. Di alam, baung termasuk ikan pemakan segala (omnivora). Namun ada juga yang menggolongkannya sebagai ikan carnivora, karena lebih dominan memakan hewan-hewan kecil seperti ikan-ikan kecil.

Lubuk Koman sebagai salah satu lubuk (tempat yang paling dalam pada sebuah sungai) di sepanjang sungai Barumun  memiliki selain keindahan yang mempesona karena bentangan batu sepanjang sungai yang mirip tembok raksasa,  didiami banyak burung seriti (laying-layang)  juga sangat menarik  untuk dijadikan kawasan wisata memancing.  Lubuk ini  menjadi tempat yang sangat nyaman untuk  ikan baung, karena memiliki banyak  liang-liang yang sangat besar  (mirip seperti gua dalam air) dan dalam. Konon dalamnya liang ini tembus sampai ke daerah  Marenu di Padanglawas Utara. Ikan baung Lubuk Koman dapat mencapai  10-15 kg.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar