Selasa, 23 Desember 2008

Hikayat

Konon kabarnya asal muasal Lubuk koman yang berada di bekas kedewanan negeri Hutanopan, sekarang kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan adalah suatu tempat di sungai Barumun yang mengalir dari Bukit Barisan sampai ke Labuhan Bilik, dimana Lubuk Koman tersebut merupakan suatu Lubuk yang tidak pernah hilang di telan zaman.

Sepanjang sejarah Lubuk Koman tersebut tetap berada di antara "Dua Batu Besar" yang di namakan oleh penduduk setempat Batu Jantan dan Batu Boru-Boru (Betina).
Menurut pengalamanku sewaktu kecil bahwa di Lubuk Koman tersebut dahulu di huni oleh seekor Buaya yang tidak pernah mengganggu manusia yang berusaha mencari makan di Lubuk Koman tersebut, tetapi kadang kala di akan muncul seandainya di minta oleh dari keturunan "Bagas Godang Hutanopan", tetapi sekarang sejak puluhan tahun yang lewat kehadiran tidak pernah lagi di lihat oleh penduduk setempat, Mungkin itu adalah tanda bahwa keberadaan keturunan "Bagas Godang Hutanopan" telah pudar di telan zaman.

Sebenarnya selain keberadaan Buaya Lubuk Koman masih ada Keanehan-keanehan lain yang sulit diterima akal sehat, salah satunya keberadaan "Tagor Lubuk Koman".
Tagor Lubuk Koman yang sampai sekarang masih akan bebrbunyi seperti Guruh apabila ada kejadian-kejadian yang akan menimpa "Keturunan Bagas Godang Hutanopan" seperti kemalangan atau meninggalnya salah satu dari mereka.

2 komentar:

  1. Sebaiknya sejarah lubuk koman di buat menjadi satu artikel atau ke dalam sebuah buku ringkas, agar nantinya sejarah lubuk koman dan luat hutanopan tidak hilang, saya sebagai putra kelahiran hutanopan akn mendukung disetiap pembuatan nantinya. (s.hsb)

    BalasHapus
  2. Haloow Mester tambah lah Artikelnya . . .

    BalasHapus